Pages

Minggu, 28 April 2013

I Love Milk

I LOVE ME MILK, YOU LOVE MILK

WE LOVE MILK………! \(^.^)/


Tau gak sih? Tingkat konsumsi susu di Indonesia sangat rendah dan bahkan terendah di Asia! Di bandingkan dengan Malaysia saja, jumlah orang Indonesia yang mengkonsumsi susu tidak sampai separuhnya. Padahal,,, susu itu nggak hanya berfungsi sebagai pelengkap 4 sehat 5 sempurna, tapi juga kaya manfaat penting bagi tubuh. Nggak percaya?? Yuk kita telusuri kenapa sih kita harus minum susu….
Sehatnya susu

Kandungan segelas susu yang kaya kalori, atau sedikitnya 125 kkal, berfungsi membentuk energy tubuh. Untuk usia remaja dan anak2 yang masih dalam fase pertumbuhan sangat memerlukan susu untuk memenuhi kebutuhan protein dan memperbaiki sel tubuh yang rusak. Nggak Cuma itu, dalam segelas susu juga terdapat berbagai macam vitamin. Cukup beberapa teguk saja, kita bisa mendapat sekaligus vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D, E dan K. Lumayan komplit gak tuh…?
Mengkonsumsi susu juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh loh, sehingga kita tidak mudah sakit. Selain itu, minuman bergizi ini juga dapat membuat kita terhindar dari berbagai macam penyakit, seperti penyakit tulang, kerusakan gigi, bahkan penyakit jantung dan kanker. Wah, banyak banget ya keajaiban susu ini? Dan tahu gak? Susu juga bisa membantu mengistirahatkan sel tubuh alias bisa bikin tidur nyenyak.

Sumber susu & jenis susu

Susu yang kita konsumsi setiap hari itu ternyata gak hanya dari sapi aja loh. Ada juga susu kambing, domba, kerbau, keledai dan yack – yang popular dikonsumsi di Nepal. Tertarik untuk mencoba?
Meskipun sama-sama berwarna putih dan lezat, tetapi susu yang beredar di pasaran memiliki jenis dan kandungan yang berbeda.
          
    Susu murni atau susu perahan sapi.

     Jenis susu ini memang sangat fresh, tapi bukan berarti kita bisa langsung meminumnya ya.. Susu yang berasal secara langsung dari sapi ini harus direbus dulu agar terbebas dari kuman. Jika didiamkan dalam suhu kamar atau tidak disimpan dalam kulkas, susu tersebut hanya mampu bertahan selama empat jam.
 
      Susu cair UHT dan pasteurisasi

 .
  Susu cair yang biasanya mudah kita peroleh di pasaran ini biasanya disterilkan terlebih dahulu dengan teknologi Ultra High Temperature bersuhu lebih dari 100° C, sehingga daya tahannya cukup panjang. Selain itu ada juga metode pasteurisasi yang menghasilkan rasa lebih segar tapi berdaya tahan lebih singkat daripada UHT, yaitu antara 5-21 hari. Meskipun melewati berbagai macam proses, tapi kandungan gizi susu cair tidak terlalu banyak mengalami penurunan, jadi tetap bagus untuk dikonsumsi.
 
 Susu bubuk.
     Proses sterilisasi yang cukup panjang membuat susu bubuk lebih awet, namun kadar gizinya mengalami penurunan. Biasanya ditambahkan berbagai vitamin dalam susu bubuk untuk mengembalikan nilai gizinya.





Usia konsumen susu
ü  Bayi dan anak2 : penting banget untuk mendapatkan ASI hingga umur dua tahun, dan sianjurkan dengan konsumsi susu sampai 3-4 / hari selama masa awal pertumbuhannya
ü  Remaja : nggak mau minum susu karena takut gemuk? Basi banget tuh….. karena ternyata kalori yang ada di dua gelas susu itu hanya 1/6 dari kalori yang kita keluarkan setiap hari. Sedangkan manfaatnya besar banget bagi remaja yang masih dalam masa pertumbuhan dengan segudang aktivitas. Bagi yang nggak suka minum susu, jangan langsung putus asa. Bisa diakali dengan menu yang memiliki kandungan susu seperti keju, ice cream, yoghurt, milkshake, pudding dan biscuit. Produk olahan susu tersebut juga tidak kalah bergizi lho.
ü  Dewasa & lansia : kalo uda dewasa kita boleh stop minum susu? Oh no..! salah banget, justru susu harus terus dokonsumsi sepanjang umur kita agar kesehatan dan kebugaran tubuh tetap terjaga, terutama untuk dapat terhindar dari osteoporosis.

0 komentar:

Posting Komentar